Senin, 10 Agustus 2015

Roti Tawar Gandum 100 % 200 gram


saya membeli loyang roti tawar kotak (pullman loaf) dengan harapan pengen sih bikin roti tawar yang seperti pada umumnya roti tawar dijual di pasaran.  eh ternyata untuk membuat proporsi yang pas antara jumlah ukuran adonan dengan loyang itu ternyata harus trial dan error dulu ya, adonan saya cenderung belum cukup untuk mencapai atas tutup loyang sehingga ga berbentuk kotak cantik. Volume loyang yang saya beli ukuran 21cmx21cmx11cm.
Hmm hasilnya tidak memuaskan, roti yang sudah matang hanya memenuhi 70 persen dari loyang kotak saya. Padahal tadinya sudah mengembang hingga 80 persen. Kesimpulan saya pada roti kali ini adalah jumlah tepung gandum sepertinya harus ditambah ya, mengingat tepung gandum kadar glutennya sedikit? (saya belum punya bukti ilmiah tentang ini). 
hasil akhir yang saya dapatkan kalo membuat roti dari tepung gandum adalah serat yang padat, dan beremah. Roti gandum ini memiliki aroma yang berbeda dibanding roti dengan terigu putih, saya cenderung lebih suka dipadukan dengan yang manis seperti coklat, keju susu, atau kurma. 

berikut resep yang saya pakai :
200 gram tepung gandum 
130 ml air 
1/2 sdt ragi 
1 sdm mentega
1 sdm susu bubuk 
1 sdm gula 
sejumput garam 
step by step : 
1. saya mix semua bahan kemudian saya uleni dengan menggunakan spatula caranya dengan melipat adonan masuk ke dalam hingga adonan terlihat menyatu dan kalis
2. kemudian saya proofing selama 1 jam dan mengembang
3. setelah mengembang, saya kempiskan adonan dan menaruh adonan ke loyang pullman
4. adonan di proofing di dalam loyang pullman hingga mencapai 80 persen volume loyang
5. ketika adonan sudah mencapai 80 % dari volume loyang, tutup loyang dan panggang dengan suhu 180 derajat Celcius selama 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...