Senin, 15 Juni 2015

Mie ubi jalar yang chewy & Atasi Mie Lengket dengan Tepung Beras

Saya suka membuat mie, at least 2 minggu sekali saya membuat mie untuk mencari perbandingan yang pas dari masing masing bahan. Saya suka mie yang chewy, seperti mie tarik dan mie setan di Malang. Ternyata ga selalu dari terigu protein tinggi untuk membuat tekstur mie yang chewy, tapi terigu protein sedang juga bisa digunakan. Saya biasanya beli terigu curah di pasar, dengan kombinasi antara telur dan ubi atau kentang mie chewy dapat dihasilkan di rumah :) .
Perbandingan yang selalu saya pake adalah 300 gram terigu : 100- 200 gram ubi : 1 butir telur, tidak perlu ditambahkan air lagi nanti adonan akan lengket. Jika sudah lengket akan sulit sekali dibentuk menjadi lembaran mie. Mie akan saling menempel jika jumlah air berlebih.
Tips lagi untuk melumuri adonan mie yang sudah dibentuk, pakailah tepung beras. Akan ada perbedaanya jika kita melumuri mie dengan tepung beras dibanding dengan tapioka dan terigu. Pelumuran mie dengan tepung beras membuat mie menjadi tidak lengket dalam jangka waktu yang lama didiamkan di runagan pun tidak kembali lengket dan ketika dimasukkan ke kulkas pun tidak. Namun jika menggunakan tepung terigu atau tapioka awalnya sih tidak lengket namun jika kita biarkan agak lama di suhu rungan mie tersebut akan menempel satu sama lain. Tips ini saya dapat dari pemilik restoran pasta dari Italia yang punya resto di Amerika, ketika saya coba triknya ternyata berhasil.
Rasa dari ubi jalarnya sendiri sih ga ada ya, apalagi jika mie sudah dicampur dan diolah yang terberkas dari mie ini adalah chewy nya, silahkan dicoba jika ingin mie yang chewy namun tidak menggunakan tepung terigu protein tinggi.

berikut resep mie ubi chewy ala saya:
300 gram tepung terigu protein sedang
100 - 200 gram ubi jalar ( 100 dahulu jika terasa masih kering tambahkan 100 lagi)
1 butir telur

Untuk step by step saya sudah pernah tamppilkan di post sebelumnya ya


2 komentar:

  1. Assalamualaikum,mba. Mau tanya. Ubi jalarnya dlm bentuk tepung ubi jalar atau ubi jalar yg direbus ya?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, ubi jalarnya dalam bentuk kukus atau rebus bisa mb, tapi sebaiknya dalam bentuk kukus karena ubi rebus lebih banyak kandungan airnya nanti akan mempengaruhi tekstur pembuatan mie nya jadi lebih lengket dan basah sehingga harus banyak ditepungi.

      Hapus

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...