Rabu, 26 Maret 2014

Sedapnya Roti Canai Homemade



sudah tau kan roti canai ?? roti yang dipadukan dengan saus kari kalo di restoran arab, atau dikasih topping macem - macem (meses, keju, skm). roti ini ternyata gampang dibuatnya, tapi versi saya yang sedikit mentega dan well tetep lembut kok selagi masih hangat. 





resep ini saya sadur dari rumah kue salwa, saya hanya setengah resep dari resep asli :



  • 1 kg tepung terigu protein tinggi.
  • 2 sdm susu kental manis (saya diganti gula 1/2 sdt)
  • 1 sdm susu bubuk (saya tidak pake)
  • 2 sdm garam.
  • 2 butir telur.
  • 50 gram minyak samin atau mentega yang dilelehkan.
  • 400-500 ml air.
  • 100 gr minyak goreng untuk mengoles adonan.
  • 200 gr mentega, cairkan untuk taburan/cipratan adonan (saya hanya 40-50 gram untuk 1/2 kg tepung)
  • 100 gr margarin untuk memanggang roti (saya tidak pake)
step by step :
  1.  Aduk rata tepung terigu, gula dan garam. tambahkan telur, mentega cair dan air sedikit-sedikit, uleni terus sampai elastis. (Seperti membuat donat). Bagi adonan, timbang masing-masing 100 gram. Bulatkan oles dengan minyak sayur. Diamkan selama 4 jam.
  2. Ambil 1 adonan, pipihkan, lalu banting-banting  sampai melebar dan tipis seperti membuat martabak telur. Taburi/cipratkan mentega cair secukupnya, kemudian lipat/ gulung adonan memanjang. lalu gulung seperti konde. Diamkan kembali kurang lebih 2 jam.
  3. Panaskan teflon ukuran 20 cm. Poles dengan margarin.  Pipihkan adonan sehingga jadi bulat melebar.letakkan adonan mariam di teflon, panggang sampai setengah matang, lalu balik. Setelah matang angkat.
  4. Sajikan selagi hangat dengan kare, kalo blum sempat bikin pakai saus kacang, madu, susu kental manis.
PS : roti canai bisa di simpan dalam freezer, caranya setelah dipipihkan membentuk lingkaran segera simpan dalam freezer dengan dilapisi plastik per roti agar tidak menempel. cara lain untuk penyimpanan, bisa dimasak setengah matang, sehingga roti lebih set dan kemudian disimpan ke dalam freezer 

selamat mencoba :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...