Sabtu, 13 Juni 2015

Literatur Untuk Menunjang Otodidak A1 Bahasa Jerman

sumber : www.adambookshop.com
Sebenarnya ujian A1 tidak lah sesulit yang dibayangkan, anda bisa kok belajar otodidak serta dikombinasikan dengan privat dengan guru les yang baru lulus dari S1 sastra Jerman pun bisa. Saya sedikit hera
n dengan kata pengantar dari blog yang menawarkan jasa privat lulus sertifikasi A1 dengan biaya yang hampir sama dengan yang ditawarkan pihak pemberi sertifikatnya a.k.a Goethe. Kalo untuk fasih, lancar dan harus menguasai serta memahami bahasa Jerman karena untuk studi misalnya, ya memang harus daftar les yang profesional. Tapi kalo hanya sekedar menemani suami dan melengkapi persyaratan saja,
sumber : www.goyalpublisher.com
belajar sendiri apa salahnya bukan? hehe..

Bahasa Jerman ini memang sangat berbeda dengan bahasa Inggris, penggunaan strukturnya pun beda.
Untuk lulus sertifikasi A1 diperlukan nilai minimal 59. Pengalaman saya waktu belajar bahasa Jerman saya ikut kursus privat yang ditawarkan sama guru yang fresh graduate dan dia juga pernah kursus ke Jerman juga, itupun gak lama sekitar 1,5 bulan seminngu sekali. Setelah itu guru saya adalah saya sendiri.
Cara saya belajar memahami bahasa Jerman
Mekanisme saya waktu ujian belajar adalah yang pertama dibaca adalah
1.buku Complete German Volume 1, bagi orang awam yang belum pernah belajar bahasa Jerman buku ini banyak membantu untuk mengenal bahasa JErman dari kulit luarnya. Buku ini banyak membantu di vocab, perkenalan diri, pengejaan, serta menyebutkan angka, buku ini juga memberi informasi tentang die, der, das (semacam the dalam bahasa Inggris).
2. Studio d A1 banyak membantu juga tentang pengenalan struktur kalimat, grammar dalam bahasa Jerman.
sumber : www.kesaintbalnc.co.id
3. Guru les privat, sistem belajar saya dengan guru saya adalah tanya jawab jadi saya yang harus mencari tahu dan proaktif dalam belajar hehe.. saya banyak menanyakan tentang dativ-akusativ, jujur sampe skrg masih belum ngerti tentang itu. menyusun kalimat dalam tes schreiben, tes listening intensif, dan tes sprechen secara intensif.
4. Buku fit furs Goethe terbitan dari Hueber banyak membantu saya untuk memahami soal soal Goethe sayang buku ini sepertinya dicari di Gramedia ga ada, harus ke perpustakaan Goethe dan pinjam untuk mendapatkan buku ini.
5. Tak lupa lagi soal soal yang bisa di download di website Goethe . Sebagian banyak membantu karena beberapa nomor seperti ada yang keluar deh dari soal soal Goethe, seperti Deja vu waktu ikut ujian, hehe.
Seperti apa ujian Goethe ?
Saya memulai ujian pada pukul 10.30 dan selesai pada pukul 15.00. diharapkan datang tepat waktu pada ujian karena kalo telat, uang ujian akan hangus dan kita dilarang untuk mengikuti ujian. Suasana Goethe di Menteng tenang ada kantin juga dan dekat dengan stasiun Jatinegara tinggal jalan kaki 5 menit nyampe deh. Alat tulis juga dibawa tidak perlu pensil 2 B, cukup ballpoint dan tipe x yang dipersiapkan.
Ujian A1 bahasa Jerman di Goethe dibagi menjadi 3 tahap :
1. Listening (hoeren)
Di tahap ini anda akan mendengar percakapan orang di pertokoan biasanya seputar membeli sayuran, baju. percakapan orang membuat janji biasanya dengan teman atau dengan dokter (termin). serta mendengarkan instruksi - instruksi yang ada di tempat umum misalnya stasiun kereta api atau bandara. Di awal saya latihan tes listening memang sedikit membingungkan dan ga bisa mengikuti tapi seiring berjalannya waktu dan konsistensi latihan pasti bisa memahami percakapannya. Soal listening bisa download dari website goethe, yang keluar nanti juga mirip seperti dari soal goethe. Berikut saya sertakan link nya website Goethe
2. Reading (lesen)
Umumnya soal soal lesen adalah tentang membaca surat/ email dan mengerti akan surat itu serta membaca pengumuman dan brosur.Kalo saya banyakin latihan di soal download dari goethe, silahkan klik link diatas
3. Writing (schreiben)
Ujian writing biasanya kita diberi soal untuk menulis atau membalas surat untuk teman, ga banyak kok mungkin sekitar 30 kata yang harus kita buat. Kalo saya dulu fit furs Goethe banyak membantu. Disana banyak soal soal latihan writing. Di tahap ujian ini rada - rada tricky sih soalnya bahasa Jerman juga memperhatikan huruf kapital untuk kata benda, dan penggunaan dativ serta salam pembuka dan penutup untuk email / surat menyurat juga harus disertakan untuk menambah nilai. Kasus saya waktu itu soalnya tentang teman yang sudah lama tidak bertemu dan saya ingin mengundang dia makan dan saya harus membuat janji untuk bertemu dimana, kapan. Saya udah yakin nih di ujian writing eh ternyata nilai writing saya paling jeblok dari 4 tes yang saya lalui, hehee...
4. Speaking (sprechen)
Di Speaking ini kita akan berada dalam suatu ruangan berkelompok berisi 4 orang sesuai dengan abjad kita diuji bersama 2 penguji semua instruksi dilakukan dengan bahasa Jerman, no excuse. Tahapan tes sprechen ini awalnya pengenalan diri dalam bahasa Jerman (hal ini mudah kok) lalu si penguji akan menanyakan alamat kita /no telepon yang kita punya dan kita dipersilahkan untuk mengeja (buchstabieren sie bitte!). Setelah itu akan ada tes fragen formulieren yaitu tes bertanya menggunakan w-frage atau satz frage. akan ada 1 tema dan beberapa kartu diatas meja, kita akan mengambil 2 kartu dan di kartu akan tertera satu kalimat dan kita harus menyusun kalimat pertanyaan dari kata di kartu tersebut. berikut link yang memudahkan anda untuk belajar kalimat bertanya dalam bahasa Jerman disini. Terakhir yaitu membuat kalimat perintah, skema nya sama dengan fragen formulieren namun yang membedakan adalah bentuk kalimatnya. Umumnya kalimat perintah akan ada akhiran bitte. Misalnya tolong bawa buku itu kepada saya, Gibt mir das buch bitte!. Tips dari ujian ini kalo memang sedang blank ga tau mau bilang apa diam dan terus berpikir karena dalam ujian ini versi saya si penguji tidak mengijinkan kita untuk mengambil kartu lain. Si penguji membantu kita untuk memahami maksud dari kartu tersebut, tapi tetep saja penjelasannya dalam bahasa Jerman. Alhamdulilah waktu saya ambil kartu saya mengerti maksud dari kartu - kartu saya hehee..
Nah, jika masih belum jelas gambaranya silahkan klik link yang akan saya tampilkan dari youtube. berikut link dari youtube yang menggambarkan situasi ujian sprechen tes sprechen
Sertifikat A1 ini sangat cepat juga untuk mendapatkan hasilnya. Saya cukup menunggu 2 hari dan akhirnya mendapatkan email dari pihak Goethe kalo saya lolos, Alhamdulilah :)
Percayalah tidak perlu membutuhkan waktu 3 bulan untuk dapat sertifikat A1 waktu 1,5 bulan pun bisa asal kita ada niat dan motivasi terus berdoa. Gud Lack!!

1 komentar:

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...