Selasa, 07 Juli 2015

Memasak Beras Ketan di Rice Cooker



Ceritanya saya pingin takjil ketan bubuk yang kalo di Malang tinggal beli aja, tapi saya lagi ga di Malang. Akhirnya nyoba deh bikin ketan. Setelah searching kok cara memasak ketan banyak dengan cara perendaman dan di kukus ya, padahal saya kan ingin menghemat gas LPG 3 kg saya, hehehe. Saya search ulang apakah bisa memasak ketan di rice cooker dengan hasil yang hampir sama dengan dikukus, tanpa membuat ketan itu lembek.
Akhirnya saya menemukan blog dari Malaysia tentang cara membuat ketan di rice cooker, 'setelah saya praktekkan memang benar, ketannya jadi dan enak, dan pulen lagi nyammm...
berikut eksperimen saya :
250 gram ketan
250 ml santan
sedikit garam
1 sdm minyak
Caranya adalah mencampurkan semua bahan ke dalam rice cooker dan klik tombol cook, selesai sudah. Hasil akhir ketan saya bisa dilihat di gambar, ketannya bagus ga lembek
Tipsnya adalah :
1. jangan merendam ketan terlebih dahulu, nanti ketan akan menyerap air dan ketika dimasak di rice cooker akan jadi lembek dan seperti bubur
2. penggunaan minyak mungkin bisa dihilangkan mengingat santan kan sebenarnya sudah minyak ya, ketan yang saya buat terlalu oily
3. proporsi ketan dengan cairan adalah 1 : 1, jika terlalu banyak air akan membuat ketan menjadi lembek

Notes : Saya belum mencoba naruh beras ketan semalaman di rice cooker, saya takut jadinya kering melihat tekstur nasi yang biasa saya buat kalo sudah lama di rice cooker akan berubah menjadi kering, yang saya lakukan akhirnya adalah membungkus ketan tersebut ke dau pisang dan menaruhnya di rice cooker dengan harapan tidak keras. Betul sih tidak keras namun aroma daun pisang merasuk ke dalam ketan. Kalo ingin membuat ketan bubuk, sebaiknya ketan tidak dibungkus dau pisang dan ditaruh di rice cooker, Aroma daun pisang masuk ke dalam ketan sehingga merusak aroma kelapa yang ada di ketan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...