Selasa, 07 Juli 2015

Lontong Beras Merah 100 % & tidak selembut beras putih


Saya pikir beras merah bisa dibuat lontong dengan tekstur yang hampir sama dengan beras putih namun setelah saya coba lontong beras merah saya secara tekstur sangat berbeda dengan lontong dari beras putih yang biasa saya buat yang lembut dan pulen. Lontong beras merah ini memiliki tekstur yang lebih padat, cenderung kempyar, masih terdapat bulir nasi beras merah dan tidak cukup lembut. 
Gambar di bawah merupakan lontong yang jadi, hmm teksturnya hampir menyerupai lontong namun masih ada bulir nasi nya dan tidak selembut lontong dengan beras putih
Sedangkan gambar di bawah merupakan lontong yang jadi nasi. Teksturnya kempyar, bulir nasi merah terlihat jelas dengan ada beberapa bagian yang hampir menjadi lontong. Terutama di bagian ujung butiran nasi sudah menyatu hampir menyerupai lontong.
Kesimpulan saya pada eksperimen ini adalah :
1. Proporsi beras merah yang ada di lontong kebanyakan, jadi harapan saya ingin mendapat tekstur lontong ehh malah menjadi nasi yang masih berbutir. Soalnya ada 1 lontong yang hampir jadi dengan tekstur yang ga lembut ya, ini tekstur lontong agak kasar menurut saya
2. Waktu merebus mungkin kurang lama ya, ini patokan waktu merebus lontong saya buat sama dengan membuat lontong dengan beras putih, ternyata masih berbutir nasi dengan lama waktu sekitar 5,5 jam memakai slow cooker saya
3. Mungkin untuk membuat lontong beras merah harus dicampur dengan beras putih kali ya, sehingga ada tekstur lembut dan bisa membuat lontong menjadi menyatu, tidak kempyar.
begityu ceritanya...
notes : saya membuat lontong beras merah ini di slow cooker 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...