Senin, 28 Maret 2016

Granola atau Granola Bar ?

Hari ini posting tetang Granolaaa, Granola adalah cereal yang bisa berbentuk butiran atau semacam food bar, dibuat dari rolled oats yang dipanggang, dapat dikombinasikan dengan whatever you like (kacang, coklat, kelapa kering, buah kering) kemudian diberi binding agent (oil, butter, applesauce, mapple syrup, molasse, peanut butter). Biasanya saya sering melihat granola ini di internet, instagram tapi berhubung saya disini akhirnya saya berkesempatan untuk membuatnya.
Bahan utamanya adalah rolled oats atau dalam bahasa jerman dikenal dengan nama Haferflocken tipe kernige. Haferflocken banyak ditemui di toko seperti Lidl, Penny, dll. Saya membelinya di Lidl. Bahan lainnya yaitu kacang saya menggunakan studenten futter, jenis kacang campur yaitu walnut, erdnusse, dan mete dicampur dengan raisins. Serpihan coconut saya beli di toko Asia. untuk binding agent saya memilih menggunakan molasse, saya pikir ini maple syrup tapi ternyata setelah sampai di rumah saya cek di google bahan yang saya beli ini adalah sirup kental hasil ekstraksi dari bit. Rasanya hampir sama dengan gula aren, konsistensinya sangat kental, manis, dan ada aftertaste pahit.
ada yang nyuil nih
Resepnya adalah sebagai berikut :
3 cup rolled oats ( 200 gram)
1 sdm molasse
25 gram butter
100 gram campuran raisins dan kacang
2 sdm coconut flakes
*) takaran sdm yang saya gunakan disini adalah sendok untuk makan beneran, bukan pengukur.
 step by step :
1. Panggang oats dalam oven suhu 150 deg Celcius selama 10 menit atau hingga crispy
2. Angkat, campurkan dengan kacang & raisins, coconut flakes. Sementara itu panaskan butter dan molasse hingga mencair
3. Campur rolled oats dengan butter dan molasse, Padatkan di loyang yang dialasi dengan baking paper
4. Tunggu hingga 3 jam, lebih cepat dimasukkan ke lemari es
5. Potong - potong, simpan di wadah kedap udara.

Yield yang dihasilkan bisa membentuk bar setelah dipotong namun karena binding agent yang saya gunakan kurang sehingga bar yang dihasilkan pun rapuh dan rada hancur, hehe..
Tapi saya puas  dengan hasilnya rasanya manis dengan kadar yang pas, gurih dari kelapa, crispy dari kacang yamm. granola ini sangat cocok sebagai snack. Jika dicampur dengan susu saya rasa molassenya harus ditambah.
Next percobaan mungkin binding agentnya bisa diganti menjadi susu kental manis, peanut butter, corn syrup dan sampai jumpa nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...