Jumat, 13 Desember 2013

Review Whole wheat loaf bread (sponge dough method)

roti gandum ini dense hingga ga sanggup untuk menyentuh langit - langit loyang, crumbly, tapi so far soft dan enak
weekend kemarin saya mencoba membuat roti tawar gandum dengan loyang roti tawar yang ada tutupnya. Eh tapi setelah proses proofing yang begitu lamaaaa, dough roti yang diharapkan bisa mengembang tinggi kok lama bgt ga naik naik, naik cuma 1/2 dari loyang tersebut. resep yang saya gunakan yaitu resep milk bun (sponge dough) dari nasilemaklover. usut-diusut ternyata proporsi whole wheat yang lebih banyak dibanding tepung terigu akan membuat roti sulit mengembang. Karena Whole wheat mengandung sedikit gluten. Sehingga roti yang menggunakan tepung gandum utuh 100% akan memiliki tekstur yang cenderung padat, dan beremah. Sepertinya untuk mendapatkan roti tawar yang seperti ada di gerai gerai toko memiliki proporsi tepung gandum dibawah 50%.   
Roti gandum dengan proporsi gandum 2/3 dari total tepung juga memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding roti gandum dengan proporsi gandum lebih rendah. Gambar diatas merupakan gambar roti gandum ini yg saya buat, lebih dense, padat, tidak selembut roti putih, namun masih empuk. 
dan fyi jika terlalu lama difermentasi roti ini akan memiliki bau seperti alkohol (percobaan memfermentasi roti selama 5 jam di suhu ruang). 
oke, resep roti gandum ini diadaptasikan dari resep milk bun Sonia nasilemaklover. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...