Rabu, 04 September 2013

DIY: Homemade Chocolate Sauce / Saus coklat ala rumah

ini adalah saus coklat yang bisa digunakan untuk saus pancake dsb. teksturya jika dipaaska akan ir sseperti ganache. saya mencari di internet resep dari chocolate sauce yang easy peezy, ternyata sangat jarang para foodie blogger menampilkan resep chocolate sauce ini. namun ada satu food blogger yang menampilkan DIY chocolate spread
ketika dimasak tekstur selai coklat ini seperti saus sangat encer
Titik kritis pada pembuatan selai coklat ini adalah pada bahan bahan yang digunakan, lebih baik gunakan bahan yang berkualitas karena akan sangat - sangat berpengaruh terhadap rasa selai (ini sudah saya coba). Saya iseng mengganti butter menjadi margarin, alhasil setelah proses pendinginan margarin saya terpisah dari saus coklatnya sodara-sodara hiii. lain kali saya tidak akan menggantinya dengan margarin untuk mendapatkan struktur fisik yang bagus :). 
tertarik untuk lihat cara pembuatannya? yuk mari 
source : sugarhero
yang harus anda persiapkan adalah
1 sdm munjung coklat bubuk yang berkualitas
141,85 gr butter (saya 50 gr butter, sisanya margarin)
62,5 ml air (saya menggantinya dengan susu uht)
113,5 gr coklat blok
115 gr gula (saya menggunakan 2 sdm)
1 sdt vanili bubuk
secubit garam

step by step :
1. campur susu, coklat bubuk, dan gula, garam, vanili hingga rata dan mendidih, matikan api

2. masukkan coklat blok dan butter
3. biarkan hingga meleleh, aduk rata *) pada tahap ini mixture akan sangat cair seperti campuran tim coklat dan butter ketika anda membuat brownies)
4. masukkan ke dalam kulkas biarkan hingga dingin dan sedikit memadat

setelah sehari di lemari es
menurut saya saus coklat ini enak namun bukan juara, saya masih mencari resep yang minim margarin dan butter dengan alasan kesehatan. yup agar tidak bersalah ketika saya memakan saus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...