Kamis, 05 September 2013

Mie Bandung

mie yang kenyal tidak menggunakan bahan pengenyal thats the hits, slurrrppy
 Ketika saya bosan dengan tayangan televisi yang itu itu saja, berita dan sebagainya akhirnya saya melirik AFC. yak, tayangan televisi ini serasa merefreshing otak dengan video masak yang memukau mata, wahahaha. bagaimana tidak ketika para chef dari tiap episode sibuk memasak dan walaaa! akhirnya masakan lezat terhidang di depan mata, membuat saya tertarik untuk mencoanya, eits mencobanya dirumah maksudnya. Ketika itu episode chef wan, yang mempresentasikan hidangan mee bandung. Mee bandung ini sangat well known malah di negeri seberang. Sedangkan di Bandungnya sendiri kala saya mampir ke malah tidak terdengar apa apa tentang mie tersebut.
Well, penampakan dari Mee Bandung ini sungguh menggoda mata, kuahnya yang kental dan merah dan tentu saja mie yang kenyal. Apalagi jika Mie nya dibuat sendiri tentu saja saya makan tanpa hambatan perasaan bersalah. Well, ketika kita membuat suatu masakan kita tentu saja dapat mengontrol apa yang do dan dont's pada masakan kita, sehingga masakan itu lebih sehat dan tentu saja yummy versi kita :).
wahaha presentasi yang berantakan sodara2, tp ini nikmat lo
Well, sepertinya presentasi saya kurang bagus ya, err seperti cap cay , hehehehe. but trust me saya berniat untuk membuat mie bandung pada awalnya dengan isi yang semuanya saya campurkan menjadi satu dalam kuah. ty[pical dari mie bandung ini memiliki kuah yang kental, dan pedas. Mie yang anda lihat di foto itu adala mie buatan rumah, lain kali saya post ya step by step dan triknya.
 Okey mari kita lihat resepnya yuk, resep ini saya adaptasikan dari dapurnya mbak syanti dewi :
200 gram mie basah *) homemade
segenggam udang
segenggam kangkung
segenggam tahu
segenggam bakso (where's the meatball?, its gone, LOL)

bumbu :
2 sg bawang putih
3 butir bwg merah
bubuk cabe kering *) thats the hits, ini yang membuat kuah menjadi merah, tapi punya saya coklat soalnya bubuk cabenya memng berwarna coklat kemerahan)

saos :
1 sdm saus tiram
1 sdm saus tomat
1 sdm kecap ikan
1 sdm kecap manis
 air 600 ml
1 1/2 sdm tepung kanji, larutkan

step by step :
1. tumis bumbu hingga harum, masukkan tahu, dan bakso (ini supaya bumbunya meresap ke tahu) tambahkan air dan biarkan hingga mendidih
2. masukkan saos, semuanya ya cicipi rasanya adjust ya jika kurang manis atau asin, biarkan mendidih
3. masukkan udang dan kangkung tambahkan tepung kanji
4. Untuk membuat mienya, saya rebus terpisah dari kuah
5. Campur Mie ke dalam kuah kemudian siap disajikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...