Rabu, 04 September 2013

The Secret of White soft fluffy bread, dan buatan rumahan :)



No need to worries to eat the buns because you know the ingredients added - homemade is best  
Membuat roti yang lembut dan tentunya sehat bisa dilakukan di rumah dan memang mudah. Roti yang soft, fluffy seperti kapas ini hanya membutuhkan 3 bahan utama yaitu tepung terigu, ragi, dan tentu saja air. Tiga komponen ini akan membentuk sinergi yang indah ketika pertama kali adonan diuleni (saya tidak menggunakan heavy duty mixer) justru saya menikmati prosesnya ketika adonan diuleni, hingga adonan kalis (tidak menempel ditangan) dan adonan akhirnya dibiarkan untuk proofing, setelah itu kita akan mendapatkan adonan yang mengembang hingga 2x lipat berkat kerja dari khamir a.k.a ragi a.k.a S. cerevisiae.
Penambahan lemak seperti butter, atau olive oil/ palm oil, atau margarin akan menambah flavor dari si roti ini, bisa juga di skip untuk mendapatkan roti yang sehat bebas lemak :). Gula dan garam juga berkontribusi untuk mendapatkan rasa. (*koreksi ya jika saya salah ).

Yak, back to this fluffy bread, link youtube diatas adalah step by step dari menguleni adonan roti. 
Tapi tidak semua resep roti akan memunculkan roti yang lembut seperti artisan bread terkenal di mall ternyata terletak pada formula yang ditambahkan yaitu pasta tepung yang sudah tergelatinisasi. Teknik ini biasa disebut water roux method/ tangzhong formula. Yes water roux method makes this bread so tender, fluffier, softer seperti kapas, lebay? no, no anda harus mencobanya sendiri sehingga dapat merasakan apa yang saya rasakan hehe..
Percobaan kali ini saya membuat cinnamon roll yang sudah kenal dikalangan foodie blogger hehe, its easy just mix a teaspoon of cinnamon and a tablespoon of sugar and sprinkle around the flaten dough. Gulung dan potong voila! Rasanya enak dan wangi. Dan separuh adonan untuk membuat roti sobek isi coklat. Sampai saat ini saya masih penasaran dengan pasta coklat/ chocolate spread homemade mungkin nanti di artikel selanjutnya.


mari kita tilik resepnya ya : 
sumber : vivianpang
bahan water roux : 
-50 g tepung terigu 
- 250 ml air

bahan A:

120 gr water roux 
110 ml air 
55 gr gula (adjust sendiri sesukanya)
secubit garam 

bahan B :

350 gram tepung terigu
1 1/2 sdt ragi 

bahan C : 

30 gr margarine 

step by step :
1. siapkan water roux starter : campur tepung terigu dan 250 ml air masak hingga kental, water roux versi saya, saya masak hingga kekentalannya mencapai kemiripan seperti tekstur bubur. water roux yang saya buat adalah sekitar 180  gram sehingga kelebihannya saya buang.  
2. campur bahan A dan water roux, serta bahan b, dan bahan c bersamaan (untuk menghemat tenaga dan waktu hehe..) 
3. setelah tercampur, uleni di meja datar hingga kalis 
4. setelah kalis persiapan untuk proofing sekitar 1 jam atau hingga ukuran adonan mrngrmbang 2 kali dari semula
5. kempeskan dan bentuk sesuai selera (versi saya, saya isi dengan selai coklat)
6 diamkan kembali hingga mengembang di loyang selama 45 menit * notes) olesi loyang dengan minyak atau margarin agar tidak lengket
7 siap untuk dipanggang (lagi lagi gara2 kemalasan saya saya tidak mempreheat oven saya tp jadi kok sodara2 ^^) set di suhu 180 derajat Celcius selama 20 menit 
8 let it cool and remover from loyang 
9 siap untuk dihidangkan 

notes :

seperti layaknya roti pada umumnya jika tidak dimakan dalam waktu yang lama, roti akan stalling( istilah keteknikan pangan) mengeras di bagian atas. Bungkus roti dengan plastik atau taruh di wadah kedap udara untuk menjaga kelembabannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...