Senin, 26 Oktober 2015

Chocolate Smoothies Pisang dan Ala Vegan



Seiring dengan perkembangan informasi masyarakat yang peduli dengan 'body' dan 'lean' akan mengarahkan konsumsinya menuju 'vegetarian' yap, 'Be a vegan', 'Frutarian', 'Eat raw food', 'Low fat high carb', ' Vegaholic', dsb. Saya suka ngintip instagram para vegan yang rata-rata ada di benua lain ini, kalo di Indonesia apalagi di malang sudah banyak lah vegetarian dishes seperti Gado-gado, Rujak Cingur, Pecel, Rujak Manis, Tahu Petis (namun petisnya ga bisa digolongkan dalam vegan). Tidak jarang si veganisme ini mencampurkan atau mereplikajajanan yang mereka biasa makan dan menurut mereka high carb ke bahan makanan yang low carb mereka seperti  'nana ice cream' yang asalnya dari pisang beku, watermelon smoothies a.k.a jus semangka, dan tingkat konsumsi mereka huwaow gilak!! Mbadok (makan) setengah semangka yang buesar itu sendirian, huikk sampe kelempoken ya. 
Nah saya ingin tahu sih rasa dari salah satu resep yang berterbangan di internet tapi sebenernya ini resep yang saya ublek sendiri hehe..yaitu Chocolate Smoothies Pisang. Smoothies ini bukan kategori low fat dan low carb lo ya.. saya baru tahu setelah searching dan minum smoothiesnya haha.. Saya pikir pisang ini low carb ternyata tidak lo teman teman, dan saya kira coklat bubuk ini tidak mengandung lemak ternyata juga ada kandungan lemaknya lo guys!! hwihihi mungkin kira2 kalori smoothies ini ada di dibawah kisaran 300 kkal. Tapi yah puas lah minum smoothies ini dan juga lebih sehat dibanding minuman di J.Co yang pakai whipped cream dan rasanya ga kalah sama brand terkenal.

Rasa dari smoothies ini karena saya menambahkan 1 sdm munjung coklat bubuk ya nyoklatt bangett hampir mengarah ke enegg, hehehe.. yaa namanya saja trial n error, tapi dengan begitu kita akan tahu apa yang kita minum dan asup kan guys, sehat tidak menurut kita. Saya meminum smoothies ini pun perlu saya encerkan lagi dengan menambahkan air, saya bukan coklat addict banget sih soalnya.. Jika kalian mencoba sesuai dengan resep akan didapatkan kekentalan yang pas dari si smoothies ini, oiya saya memakai jenis pisang ambon (ini adalah pisang favorit saya).


Saya akan membahas bahan bahan yang saya masukkan di dalam smoothies ini, First thing First adalah P.I.S.A.N.G makanan yang disuka minion a.k.a nyonn . Rekk jangan remehkan pisang karena sebenarnya pisang ini buah yang paling laris manis di veganisme, fruitarian!! kalo saya peeking instagram para vegan pasti deh ada adegan ngupas pisang buat di freezing, atau buat nana ice cream, atau beli sekeranjang pisang, atau ada buah pisang mentah (biasanya inst dari aus, atau yang lagi melancong ke south east).  Pisang ini buah keramat yang mesti ada di kulkasnya mereka. Dan di Indonesia khususnya di Malang, Bekasi tempat saya tinggal ini ya salah satu buah yang burakan (buanyak) di jual di pasar bahkan ada beberapa jenis yang ditawarkan mulai pisang ambon, kepok, cavendish, mas, raja, tanduk, barangan, bayakk khann? 'Maka nikmat manakah yang akan saya dustakan" hmm Alhamdulilah sudah diberi abundance of fruits dan veggies yang notabene di negara lain mungkin tidak semelimpah ini dan semurah ini tentunya :). Ada banyak variasi jumlah kalori yang ada di dalam pisang diliteratur mungkin berbeda karena berdasarkan jenis pisangnya namun rata rata berada pada rentang 99 kalori hingga 110 kalori. Pisang juga mengandung sejumlah vitamin asam folat, kalium dan potassium. Dari beberapa literatur yang saya baca konsumsilah pisang setidaknya 2 buah setiap hari untuk mencukupi kebutuhan asam folat, zat besi, kalium dan potassium. 
Pisang menyediakan jumlah fruktosa atau gula buah didalamnya. Jenis gula ini dapat diserap oleh tubuh tanpa memerlukan insulin. Tak hanya itu, fruktosa dalam pisang mampu meningkatkan sistem metabolisme di dalam usus kecil. Tak hanya pisang matang, pisang setengah matang juga mampu mendukung program diet loh!!. Karena pisang mengandung pati yang dicerna secara perlahan di dalam tubuh. Kalium di dalam pisang juga bagus untuk tubuh (ini menurut literatur ya) ketika mengalami stres,metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar kalium tubuh. Dengan pisang, kalium dalam tubuh kadarnya akan seimbang. Selain itu, kalium mampu menarik cairan intraselular sehingga cenderung menarik cairan dari bagian ekstraselular dan menurunkan tekanan darah.
 Dan jika harus memilih makan pisang, kalian pilih mana guys yang polos berwarna kuning atau yang ada spot hitamnya ? Menurut sebuah penelitian dari Japanese Scientific Research, pisang dengan permukaan kulit kekuningan yang memiliki bercak dan bintik hitam, memiliki substansi TNF (Tumor Necrosis Factor) yaitu sebuah senyawa yang mampu melawan sel abnormal dalam tubuh. Pisang yang sudah memiliki bintik hitam yang banyak akan terasa lebih manis ya, karena zat patinya sudah berubah menjadi gula sukrosa dan fruktosa.
sumber: indonesian.alibaba.com
Coklat bubuk atau Cacao Powder terbuat dari pasta cokelat yang sebagian besar lemaknya telah dikeluarkan. Produk ini mempunyai aroma yang kuat, tidak tengik. Produk ini mudah menyerap uap air dan bau sehingga harus disimpan di tempat yang kering dan tertutup rapat. Proses pembuatan cokelat bubuk ada 2 cara yaitu melalui proses natural akan menghasilkan cokelat dengan rasa sedikit asam. Cokelat bubuk dibuat dari bubur cokelat atau balok cokelat pahit dengan menghilangkan  sebagian lemak hingga menyisakan sekitar 18 -- 23 %. Cokelat ini berbentuk tepung, dan biasanya digunakan sebagai bahan campuran kue, brownies, cupcake dsb. Kedua melalui proses dutch yang ditemukan oleh warga negara Belanda yaitu C.J van Houten. Bapak van Houten mereaksikan si bubur cokelat dengan alkali untuk mengurangi rasa pahit tanpa harus menambahkan susu atau gula.  
Nah ini informasi yang saya baru tahuuu jeng jeng jenggg..
Cokelat bubuk dibagi menjadi 3 kategori : 
1. cokelat bubuk rendah lemak (sebagian besar lemaknya telah dihilangkan) 
2. cokelat bubuk dengan kadar lemak sedang (kandungan lemak sekitar 10 - 22 %) 
3. Cokelat bubuk untuk minuman atau sarapan (kadar  lemak dapat diatas 22 %) jumlah yang gede ga sih ?? See, saya pikir karena bentuknya tepung atau bubuk si cokelat ini ga mengandung lemak, Ehh ternyata pemahaman saya selama ini salah. Langsung saja saya browsing merk cokelat yang saya gunakan, kebetulan saya menggunakan Bensdrop. dalam web nya tidak di state secara langsung jumlah lemak yang ada di cocoa powdernya namun ada 5 tingkatan lemak yang paling mentok mengandung 22 % lemak jadi saya kategorikan cokelat bubuk yang saya pakai ada di kategori nomor 2. 
Hanya 5 bahan saja untuk membuat smoothies ini, Pisang, Susu Low fat, Coklat Bubuk, Air, Dan Madu. Berikut merupakan jumlah bahan yang diperlukan
2 buah pisang 
100 ml susu low fat 
200 ml air 
1 sdm munjung coklat bubuk
seujung kuku madu (saya menambahkannya di akhir, karena saya rasa kurang manis)

Step by step nya adalah juice ini semua hingga halus dan hidangkan di gelas saji, sluuurrrpp yummy, minuman yang enak, yang bisa menenangkan hati sambil berdzikir alhamdulilah enaknya ini smoothies :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...