Senin, 15 Juni 2015

Hot Chocolate Souffle - Tanpa Penambahan Gula dan Krim


Souffle adalah dessert dari Perancis yaitu sebuah cake yang terdiri dari creme/fla dan meringue a.k.a putih telur. Tekstur yang saya dapatkan ketika membuat ini adalah seperti tekstur Japanese cream cheese  cake. Soft ala putih telur (kapes-kapes) dengan rasa coklat kuat dan rasa manis yang samar, ga dominan dan menurut saya souffle ini best eaten while its cold!! simpanlah di lemari es terlebih dahulu sebelum dihidangkan. PS : kalo makan selagi hangat kaya makan busa coklat jadinya hehee :)
Metode saya dalam membuat souffle
1. Kocok putih telur di mangkok berbahan gelas dan tambahkan sedikit cuka
Saya punya pengalaman dengan pengocokan putih telur yang ga maksimal, putih telur terlihat mengembang sempurna di atas namun ketika saya lihat ke bawah masih ada yang cair (walah! dimana letak kesalahan saya?). Akhirnya saya mencoba mengganti tempat pengocokannya yang awalnya di panci alumunium sekarang di mangkok berbahan kaca, dan hasilnya berhasil !! senengnyaa jadi skrg ga ragu lagi untuk bikin cake chiffon dll. Tidak luput juga penambahan asam yaitu cuka / jeruk nipis / cream of tar tar juga bisa membantu putih telur untuk menjaga kekokohan dari putih telur
2. Meringue hanya ditambahkan 1 sdm gula dan hasilnya tetap kokoh!!
Saya bereksperimen untuk menambahkan hanya 1 sdm gula ke dalam kocokan putih telur hasilnya putih telur tetap mengembang, namun buih buih udara masih terlihat jelas akan tetapi ketika tiba waktu pencampuran dengan adonan fla si putih telur tetap terjaga kekokohannya dan tidak ambles.
3. Tidak apa apa kok mengocok putih telur dalam keadaan dingin
Saya selalu membuka telur, membaginya jadi putih dan kuning serta mengocok putih telur dalam keadaan dingin dan itu tidak terlalu mempengaruhi teksturnya. Karena indikator keberhasilan saya adalah putih telur yang terkocok semua hingga dasar mangkok. Berikut saya sertakan ya link foodie blogger yang menginspirasi saya tentang pengocokan putih telur ini link nya. 
Berikut adalah resep yang saya sadur dari pak Gordon :
resep ini jadi sekitar 3 buah cangkir kecil dan 3 buah ramekin kecil
Untuk cream
1 kuning telur 
1 butir telur 
2 sdm terigu 
1sdm tapioka
 60 ml susu 
5 sdm santan (resep asli krim kental) 
1 sdm coklat bubuk
 25 gram Dark Cooking Chocolate  
Untuk meringue : 
6 buah putih telur
1 sdm gula
Ganache
4 sdm susu cair (resep asli krim kental)
50 ml DCC
1 sdm bubuk coklat
step by step :
Cream : 
panaskan susu dan santan  ketika menjelang mendidih matikan dan masukkan coklat blok , setelah meleleh dan sudah hangat masukkan semua bahan lain
Meringue :
 siapkan mangkok berbahan gelas dan kocok putih telur hingga berbusa dan mengembang putih, masukkan 1 sdm gula dan kocok hingga stiff peak. Tandanya adalah ketika mixer diangkat akan ada jejak kaku dari putih telur 
Ganache :
 panaskan 4 sdm susu cair, ketika menjelang panas matikan api dan masukkan DCC serta bubuk coklat 
Tahap pencampuran 
campur terlebih dahulu cream dengan ganache 
setelah meringue terbentuk masukkan 2 sdm makan meringue ke dalam campuran ganache cream dan aduk hingga rata. setelah rata masukkan kembali meringue secara bertahap dengan teknik aduk balik.
Masukkan ke ramekin dan panggang di suhu 200 deg Celcius selama 20 menit.
Souffle akan menjulang tinggi melewati cangkir dan akan kempes perlahan seperti yang kelihatan di foto. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...