Rabu, 17 Juni 2015

Pizza - Paprika, Sosis, Mozzarella Sempurna!


Dari gambar kita bercerita...

Sebenernya keinginan nge-blog ini adalah untuk membukukan resep dan percobaan saya selama ini. Motivasi saya adalah untuk membuat resep yang sehat untuk keluarga, yang lebih rendah gula, lebih rendah minyak, diversivikasi karbohidrat, dan tentunya ingin bertualang mencoba jenis masakan. Masakan yang menantang saya adalah masakan yang saya coba di restoran yang dibandrol dengan harga mahal namun jika kita membuatnya sendiri di rumah it will reduce the cost more efficiently. Saya menyukai pizza, sejak kecil saya dikenalkan oleh ibu saya dengan panganan ini. Walhasil hingga sekarang pizza menjadi makanan kegemaran saya. Namun untuk makan kesana dibutuhkan kocek yang lumayan mahal menurut saya yang waktu itu masih mahasiswa. Alhamdulilah setelah menikah dan berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, saya menemukan keju mozzarella impor Australia yang setelah saya search sudah mempunyai sertifikat Halal, dan langsung saya purchased.



Yang dinamakan pizza kalo kita bisa mendapatkan keju mulur ini di atas lembaran rotinya. Hmm Syedapnyeee (Upin Ipin said) dan Topping yang saya suka adalah kombinasi antara Sosis, daging giling namun pizza kali ini minus daging giling, Paprika, dan Bawang Bombay. Tidak lupa Concasse atau saos tomat yang homemade (kita buat sendiri) akan membuat rasa pizza menjadi maknyusss. Mengenai Concasse akan saya buat post terpisah. Pizza kali ini yang saya buat mengingatkan saya akan cita rasa pizza Super Supreme di salah satu gerai franchise pizza yang terkenal itu. Gak kalah deh..

Thin Crust Pizza
Saya penasaran dengan thin crust, apa sih enaknya yah.. makan pizza dengan base yang tipis?. ternyata setelah saya buat pizza tipis ini akan menghasilkan pinggiran pizza yang crispy. dan tahan lama. Garingnya si Pizza ini sangat kriuk sekali, sehingga untuk lansia dan baby umur 2 tahun tidak bisa diberikan. Kriuknya cenderung ke keras. Namun ada kelemahannya, si pizza jadi tidak bisa diberi topping yang banyak. Topping akan banyak berjatuhan jika berlebihan di atas pizza, walhasil pizza jadi tidak cantik. dan kulit pizza ini akan cepat sekali menjadi lembek (soggy) apabila didiamkan di loyang karena upa air nya yang terjebak di bawah.

Tips Roti Pizza tidak lengket di loyang

Saya punya pengalaman berkali - kali memanggang pizza namun seringkali roti pizza ini super nempel dan lengket di loyang. Akhirnya saya mengolesinya dengan margarin secara merata. Akhirnya pizza saya tidak lengket lagi dan dapat diangkat dengan mudah. Berbeda dengan penaburang dengan terigu, pizza saya masih lengket. Adonan dough saya sangat tinggi kandungan airnya, dan super lengket. Karena saya mereferensi dari adonan pizza milik Peter Reinhart. Dough ini cukup enak menurt saya. Dan Pizza ini saya makan bareng dengan anak saya umur 2,5 tahun, lihat!! dia habis hampir 1/2 loyang. Horayy!!
Resep pizza dough : 
100 gram terigu 
65 ml air
1/4 sdt yeast 
Topping : 
bawang bombay mentah
paprika merah dan kuning
Sosis sapi yang baik mutunya (brotwurst)
Keju Mozzarella
Saos Tomat (Concasse) 



Step by stepnya :
Aduklah semua bahan hingga tercampur rata, kemudian diamkan minimal 1 jam. Saya memproofing adonan ini di atas magic jar, sehingga adonan akan cepat mengembang hingga ber 3 kali lipat. Gambar kiri merupakan adonan mentah yang saya bentuk di loyang. Anak saya ikut membantu sehingga dia juga mencoel coel doughnya, hehe..
Setelah rata, Olesi dough dengan saos tomat. Lebih baik bikin sendiri deh saos tomatnya lebih maknyuss. kemudian taburi dengan bawang bombay - keju mozzarella - sosis dan paprika
bake di suhu 250 deg Celcius selama 12 menit

 Gambar di samping adonan yang belum dipanggang ya, Beginilah cara saya menyusun topping pizza yang overload itu. Setelah matang perlu makan dengan piringnya, base na ga bisa diangkat karena ga kuat menopang toppingnya. hehe..Tapi saya cukup senang memasaknya, karena anak saya juga mau menikmatinya. 












 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...