Senin, 15 Juni 2015

Siomay 1 - Kenyalnya dari proporsi yang tepat antara labu dan air

Ini cerita tentang siomay ala pak siomay. Siomay yang enak itu yang empuk dan kenyal.. Siomay yang saya bikin ini masih belum seperti yang saya harapkan, kenyal sih namun masih padat dan keras. Di percobaan masak kali ini saya membuat siomay tanpa penambahan air, ternyata oh ternyata air merupakan komponen penting juga selain labu siam untuk mengempukkan siomay. Keempukan siomay ini bisa dilihat dari tekstur adonan siomay yang masih mentah, jika tekstur adonan cair dan kental dan tidak bisa dibentuk maka siomay yang jadi akan empuk dan kenyal (based on experince)

Pada kasus siomay ini, akan empuk seperti gambar di bawah ini jika disantap ketika masih panas. Saya panaskan siomay ini di dalam rice cooker, dan walaaa siomay menjadi empuk.
siomay ketika masih panas
 Berikut resep siomay ala saya:
230 gram daging ayam giling
190 gram labu siam (parut)
250 gram tepung tapioka
bawang putih halus 2 siung
1 sdt garam ( ini sudah asin menurut saya)

step by step :

  1. Campur labu parut (ini yang masih mentah) daging ayam giling bawang putih halus, garam, dan tepung tapioka hingga tercampur rata.
  2. Meanwhile panaskan dandang, setelah panas masukkan siomay pada cetakan. kukus selama 20 - 30 menit hingga matang 


NB : Pada pembuatan siomay saya ini adonan siomay saya cetak di cetakan roti kukus yang bolong - bolong saking kentalnya adonan, si adonan tidak meluber kemana2 dan stick pada cetakan siomay
oya, untuk membuat siomay di cetakan, olesi dulu cetakan dengan minyak goreng agar tidak lengket.
Tekstur Siomay


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...