Rabu, 17 Juni 2015

Sambel Bawang Korek ala bu Rudy- Manfaatkanlah Cabe Kering di Kulkas!!

Sebenarnya sambel ini saya buat sehari sebelum hari puasa pertama tiba. Memanfaatkan cabe kering yang sudah lama ngendon di lemari es, udah sampe layu dan kering mari dikaryakan jadi sambel aja. Sambel ini kesukaan suami saya, kalo makan ga pake ini rasanya ada yang kurang. rasa sambel ini sama seperti sambel bawang ala bu Rudi atau sambel korek. Penggunaan bawang putih dan bawang merahnya menambah cita rasa dari sambel ini, sehingga bisa menambah selera makan. Preservative dari sambel ini ada di minyak gorengnya, dan tingkat kematangan sambelnya. 

lihatlah cabenya yang sudah kering

Tips nya adalah...
Semakin banyak minyaknya maka semakin matang sambelnya dan semakin tahan lama sambelnya. Saya masih belum mencoba untuk menaruhnya selama seminggu full di luar ruangan. Saya masih menyimpannya di kulkas. Penyimpanan di kulkas membuat si sambel menjadi tahan lama. Pembuatan sambel ini pun simpel karena saya melibatkan blender bumbu, males mencacahnya sendiri. Pertama saya mencacah bawang putih dan bawang merah tanpa air, kemudian saya mencacah cabe rawit juga tanpa air dan kemudian digoreng hingga matang. 




Ini dia Resepnya....
Bahan - bahan yang diperlukan adalah :
segenggam penuh cabe rawit
5 butir bawang putih 
5 siung bawang merah
minyak goreng 
garam

Step by step nya tidaklah sulit : 
1.Blender bawang putih dan bawang merah tanpa air, sisihkan
2.Blender Cabe rawit merah, sisihkan
3.Panaskan minyak goreng, dikira kira ya jangan terlalu kering, pokoknya jika sudah terlihat menggenang sudah cukup


4.masak bawang putih, bawang merah, cabe rawit cacah hingga mendidih tambahkan garam dan sedikit penyedap bila suka 
5. Transfer sambel ke tempat penyimpanan, kalo saya di botol
PS : Sambel ini paling enak kalo bahan yang digunakan masih fresh, cabe rawit bagus, bawang putih dan merah juga bagus jika sudah kering akan ada sedikit yang hilang dari aroma cabe segarnya. Tapi secara rasa kata suami saya kaya bumbu nasi goreng ?? itu memuji apa bukan ya saya kurang tahu. 
 



 Ini tempat penyimpanan saya, jadinya kurang full. karena takarannya masih kira - kira dan coba-coba. Terlihat ya minyaknya banyak sekalee, cabe dan bawangnya pakemnya harus seperti berenang di minyak, biar awet dan tahan lama, dan juga harus asin untuk preservatives.
Sambel ini cocok buat temen makan ayam goreng, lele goreng, tahu, dll. Silahkan dicoba di rumah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...