Rabu, 17 Juni 2015

Muffin Keju Manis yang Sangat Moist- No Egg & Oil

Muffin Keju yang saya buat ini sangat enak, moist hingga hampir menyerupai kue lumpur ketika dikunyah huehehehe, namun rasanya juara!!. Tidak memakai minyak, mentega atau butter  namun saya memakai...
Pumpkin a.k.a Labu kuning kukus, ya muffin ini akan menjadi sangat lembut dengan penambahan labu. Muffin ini saya buat terinspirasi resep yang saya baca dari blog mba Hesti yaitu Moist Eggless Chocolate Cake namun penambahan minyak di resep itu saya rasa sangat banyak sehingga saya mencoba untuk membuatnya dengan labu, dan alhamdulilah berhasil. Berdasarkan literatur yang saya baca  Labu kuning memiliki kalori sebanyak 29 kalori saja per 100 gramnya, coba bandingkan dengan 14 gram minyak yang memiliki kaloi 140 kkal. Apalagi kalo dalam pembuatan cake atau muffin minyak yang dibutuhkan ga sedikit, maka kalori yang akan masuk ke tubuh kita pun juga ratusan jumlahnya untuk satu muffin saja.
Manfaat labu kuning pun banyak selain sayuran ini rendah kalori, labu juga memilikikandungan gizi yang bagus yaitu vitamin A, B1 dan C sert amineral dan karbohidrat. Daging buahnya mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh. Rasa dari labu kuning ini pun sudah terasa manis, rasa manisnya akan bertambah seiring dengan umur dari si labu. Jujur saya baru mengenal labu kuning ini ketika sudah mempunyai anak, labu ini saya buat untuk MPASI Danish, dan saya iseng coba merasakan labu kukus yang saya masak, eh ternyata enak!! manis dan creamy.


Tekstur muffin keju manis yang moist



Berbicara tentang muffin ini, pembuatannya pun sangat mudah no mixer hanya diaduk aduk saja, dan panggang deh. Berikut langsung saja ya saya berikan resepnya :
150 gram terigu protein sedang
1 sdm gula
1/4 sdt Baking Powder
1/4 sdt Baking soda
80 gram keju parut
1 sdm santan kental
150 ml air
130 gram labu kuning kukus
50 ml susu cair

Step by stepnya :

  1. Blender labu kuning dengan air hingga rata 
  2. Campur terigu, gula, Baking Soda, dan Baking Powder, sisihkan
  3. Campur Keju dengan cairan labu, serta santan dan susu cair
  4. Setelah itu masukkan campuran terigu ke dalam cairan (campuran labu) 
  5. Aduk hingga rata, aduklah dengan ringan
  6. Setelah tercampur rata adonan yang terbentuk nanti kental. Bagi ke dalam cup muffin 
  7. Panggang di suhu 170 deg C selama 20 menit
  8. Sajikan
Awalnya saya tidak menambahkan susu cair ke dalam adonan, namun ketika saya mencampurkan adonan, yang terjadi adonan sangat kental dan belum tercampur rata. Ada butiran tepung terigu yang masih terlihat, sehingga saya tambahkan cairan yaitu susu cair sekitar 50 ml, adonan yang didapatkan kental. Senang melihat kue membumbung ke atas dan mengembang , kue ini lembuat sekali dan anak saya pun juga ikut melahapnya, namun hanya atasnya saja sih yang dia makan.
tekstur ketika dibelah dengan tangan


Danish incip incip :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...