Kamis, 02 November 2017

Komunikasi Produktif

Hari Ke-1
Saya akan memilih obyek untuk berkomuniikasi produktif dengan anak saya. Danish seorang laki -laki 4,5 tahun yang masih belajar tentang Emosinya. Saya juga masih belajar memahami dan menetralkan emosi saya ketika bersama dengan dia.
Saya ingin dia mandiri, tapi ini harus dilatih dan saya harus terus konsisten contohnya adalah ketika habis dari kamar mandi, saya menginginkan Danish dengan inisiatif sendiri memakai celananya sendiri, namun dia sepertinya malas untuk melakukannya.
Pada awalnya memang saya pakaikan celananya, namun kemudian saya berpikir kalau begini terus nanti dia akan bergantung seterusnya kepada saya. Akhirnya saya mulai menyuruh dia dengan  tegas atau dengan nada tinggi, hal itu tidak berhasil. Danish tipikal anak yang bisa memainkan emosi saya.
Akhirnya saya bercerita kepada dia, berikut isi percakapannya :
Ibu  : " Danish, kemarin Ibu ketemu bu Iin. Bu Iin bilang ke ibu kalo danish sudah mandiri mau makan sendiri tidak disuapin kalo di sekolah."
Danish : tertawa
Ibu :"Ayo Danish pakai celana sendiri nanti ibu bilang ke Bu Iin. Danish sudah hebat bu bisa pakai celana sendiri."
Danish : reaksi Danish perlahan lahan dia mengenakan celananya sambil tertawa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...