Senin, 04 Desember 2017

Kemandirian Day 2

Hari ini Danish mempelajari kemandirian dalam hal memakai baju dan celana jeans. Pada awalnya dia menolak, dia meminta untuk dipakaikan. Saya terdiam sejenak. memikirkan langkah apa yang harus dilakukan. memaksakan kehendak saya dengan bentakan ? seperti yang pernah saya alami, atau dengan ancaman (ini yang paling sering saya terapkan). Sepertinya bukan hal yang bagus untuk diterapkan dalam keseharian.

Mengap

Kemudian saya menggali informasi darinya mengapa dia tida ingin memakai baju sendiri. "Kenapa Danish tidak memakai baju sendiri ?". Dari pertanyaan ini akhirnya saya mengerti alasannya. "Danish, ga tau cara makainya. oh.. akhirnya dengan membantunya kali ini saya menjelaskan tahapan tahapan memakai celana dalam. Cara masuknya dari sebelah mana, pakai kaki kanan dahulu. Kemudian saya membiarkannya sambil tetap mengawasi memakai Celana jeans.Tiba saatnya mengancingkan celana jeans. Danish mengutarakan pendapatnya tentang ketidak tahuan mengancingkan celana jeans. Akhirnya saya beri arahan dan ternyata dia sukses mengancingkan baju nya sendiri saya hanya membantu pada bagian atas kancing kerahnya saja. Selebihnya semua dilakukan oleh Danish. 

Dari sini saya mengerti tentang menanyakan pendapatnya. Ternyata sifat kemandirian pada diri Danish sudah ada, fitrahnya sudah ada tinggal saya dan suami yang mencoba memupuknya. saya takjub! Danish tidak mengerti caranya untuk memakai baju dan celana sehingga dia tidak mau memakai baju sendiri. Dengan pengawasan dari saya dia punya rasa percaya diri untuk mengenakan bajunya, sambil terkadang bertanya kepada saya "Ini bener bu?". "Iya bener". ucap saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tertarik Menu Yang Lain?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...